Uploaded with ImageShack.us

Rabu, 13 Maret 2013

Aplikasi Sistem Informasi yang diterapkan pada organisai perbankan BCA

Pembaharuan Sistem Aplikasi Front-end

     Untuk mendukung upaya Bank dalam memberikan layanan terintegrasi bagi nasabah, BCA melakukan pembaharuan program pada sistem aplikasi frontend. Dengan adanya program ini, BCA berusaha memahami kebutuhan dari setiap nasabahnya, sehingga mampu menyediakan produk dan layanan yang terbaik. Seluruh rancangan sistem aplikasi tersebut telah selesai dikembangkan dan selanjutnya akan diterapkan diawali dari sistem aplikasi untuk Customer Service Officer (CSO).


Menunjang Pengembangan Bisnis Penyaluran Kredit

     Untuk mendukung aktivitas pengembangan bisnis penyaluran kredit, BCA telah menyelesaikan pengembangan Business Credit Origination System (BCOS) dan Consumer Credit Origination System (CCOS). Sistem aplikasi kredit ini digunakan untuk mendukung standardisasi dan percepatan evaluasi kredit komersial dan konsumer, serta proses persetujuan dan pengawasan. Dengan kapasitas proses aplikasi kredit yang lebih besar, BCA berusaha menyalurkan kredit kepada lebih banyak konsumen bisnis dan individu.


Pembaharuan Sistem Komunikasi Data

      Saat ini BCA sedang dalam tahap memperbaharui Sistem Komunikasi Data, yaitu sistem penunjang untuk koneksi online ke dalam sistem database BCA yang memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi perbankan kapanpun dan dimanapun. Pembaharuan sistem ini bertujuan untuk mengganti sistem komunikasi VSAT (satelit) dengan sistem yang lebih cepat dan andal, yaitu sistem komunikasi fiber-optic. Tahap disain sistem dan perencanaan implementasi proyek ini telah selesai pada tahun ini, sedangkan instalasi sistem mulai dilakukan pada tahun 2006.


Membangun Pusat Data Baru

     BCA melakukan program Pengembangan Pusat Data (Data Center) untuk meningkatkan kualitas penyediaan layanan kepada para nasabah. Melalui program ini, BCA akan membangun Pusat Data baru. Sementara itu sebuah Disaster Recovery Center di lokasi yang terpisah juga akan dibangun untuk keperluan back-up basis data dan operasional Bank. Pada tahun 2006 BCA akan memfokuskan pada program pengembangan rancangan sistem secara keseluruhan yang diharapkan selesai pada akhir tahun 2006. Selanjutnya, akan diikuti dengan proses pengembangan engineering design, pengadaan serta konstruksi, dan diharapkan dapat di mulai tahun 2007.


Instalasi Sistem EDCBIZZ

      Untuk memberikan kemudahan sistem manajemen kas kepada pengguna internet banking, BCA meluncurkan layanan EDCBIZZ bagi pemilik toko eceran dan perdagangan. Layanan tersebut memungkinkan pemilik toko untuk melakukan berbagai transaksi perbankan, termasuk transfer dan pembayaran dari mesin EDC (Electronic Data Capturing) di tokonya. Di samping itu, dengan sistem ini BCA dapat meningkatkan transaksi perbankannya melalui jaringan distribusi perbankan elektronik.



Referensi : 
http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=aplikasi%20sistem%20informasi%20yang%20diterapkan%20pada%20organisasi%20perbankan%20bca&source=web&cd=7&cad=rja&ved=0CE8QFjAG&url=http%3A%2F%2Fwww.bca.co.id%2Finclude%2Fdownload%2F13C_TeknologiInformasi-INA.pdf&ei=SHhAUa35GMn_rAfWg4HoAw&usg=AFQjCNEyB-0SxRHoe5i-0MeM4eLJvzhyaw&bvm=bv.43287494,d.bmk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar